Rabu, 02 November 2016

MDTP



APLIKASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
1.    Teori
Media pendidikan atau pengajaran adalah suatu benda yang dapat diindrai khususnya penglihatan dan pendengaran (alat peraga pengajaran), baik yang terdapat didalam maupun diluar kelas, yang digunakan sebagai alat bantu penghubung (medium komunikasi) dalam proses interaksi belajar-mengajar untuk meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa.[1]
2.    Kebijakan
a.       Al-Qur’an
وَ ا للهُ اَ خْرَ جَكُمْ مِّنْ بُطُوْ نِ اُ مَّهَتِكُمْ لاَ تَعْلَمُوْ نَ شَيْئًا ۙ وَّ جَعَلَ لَكُمُ ا لسَّمْعَ وَ الاَ بْصَا رَ وَ الاَ فْئِدَ ةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُ وْ نَ (۷۸)
Artinya : “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur”.[2]

b.      Hadits
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ وَذَكَرَ الصَّدَقَةَ وَالتَّعَفُّفَ وَالْمَسْأَلَةَ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى فَالْيَدُ الْعُلْيَا هِيَ الْمُنْفِقَةُ وَالسُّفْلَى هِيَ السَّائِلَةُ) رواه البخارى ومسلم(
Artinya : “Abdullah bin 'Umar radhiallahu 'anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda ketika berada di atas mimbar, di antaranya Beliau menyebut tentang shadaqah dan masalah tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah yang memberi (mengeluarkan infaq) sedangkan tangan yang di bawah adalah yang meminta". (H.R. Bukhari & Muslim)[3]

c.       Aturan : UU. No 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan : Pasal 4 yaitu untuk memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk menjelaskan kehidupan bangsa.
3.    Fakta
a.    Minimnya sarana dan prasarana disekolah-sekolah sehingga seorang guru dalam menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran, proses dan hasil belajar akan terhambat.
b.    Media pembelajaran bukan hanya alat semata akan tetapi seorang guru juga termasuk media pembelajaran.
c.    Seorang guru kurang menguasai dalam menggunakan media pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan.
d.   Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungannya[4].
4.    Solusi
a.       Pihak sekolah seharusnya mendukung kegiatan belajar mengajar peserta didiknya dengan meningkatkan sarana dan prasarana terutama media pembelajaran.
b.      Pembelajaran menjadi lebih interaktif, memberikan umpan balik dan menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan serta minat siswa dengan meningkatkanya motivasi belajar siswa.[5]
c.       Sebaiknya seorang guru bisa menguasai media pembelajaran dengan memperbanyak latihan dan bertanya atau belajar dengan guru lainnya.[6]
d.      Memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.[7]


[1] Zakiah Daradjat dkk, 2014, Metodik khusus pengajaran agama islam, cet. VI, Jakarta : Bumi Aksara, hlm. 226.
[2] Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, QS. An-Nahl : 78.
[3]Ibid
[4] Azhar Arsyad, 2011, Media Pembelajaran, cet. XIV, Jakarta : Rajawali Pers, hlm.  24-27.
[5] E. Dale, 1969, Audiovisual Methos in Teaching, cet. III, New York : The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc, hlm. 180.
[6] J.E. Kemp dan D. K. Dauton, 1985, Planning dan Producing Instructional Media  (Fifth Edition), New York : Harper & Row, Publishers, hlm. 3-4.
[7] Oemar Hamalik, 1994, Media Pendidikan, cet. VII, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti, hlm. 15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar